Look at this!

Monday, April 15, 2019

Kumpulan Soal Sejarah

KUMPULAN SOAL SEJARAH DAN JAWABAN

1.      Apa yang dimaksud dengan sejarah mempunyai bentuk yang mirip dengan pohon?
Sejarah sama artinya dengan pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih kompleks atau ke tingkat yang lebih maju.
2.      Tuliskan dan jelaskan 3 unsur sejarah!
-          Manusia
o   Manusia sebagai pencipta dan pelaku sejarah (pemeran utama sejarah). Peran manusia menentukan suatu peristiwa sejarah. Peristiwa yang dikaji berkaitan dengan manusia.
-          Ruang
o   Tempat terjadinya berbagai peristiwa sejarah dalam perjalanan waktu.
-          Waktu
o   Waktu terjadinya suatu peristiwa sejarah yaitu pada masa lampau. Waktu penting karena perjalanan hidup manusia tidak dapat dilepaskan dari waktu.
3.      Mengapa konsep waktu penting dalam sejarah? Berikan 3 alasannya!
-          Waktu merupakan unsur penting dalam sejarah karena sejarah manusia berlangsung dalam waktu tertentu. Perjalanan manusia tidak dapat dilepaskan dari waktu. Dengan kata lain, sejarah manusia adalah sebuah proses perjalanan dalam sebuah garis waktu sejak zaman dulu, zaman sekarang, dan zaman yang akan datang.
-          Karena waktu dapat mengaitkan kejadian pada masa lampau, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Waktu menghasilkan pembagian waktu, yaitu periode, zaman, babakan waktu, atau masa. Peristiwa pada masa lampau tidak pernah terputus dari rangkaian kejadian masa kini dan masa yang akan datang, sehingga waktu dalam perjalanan sejarah adalah suatu kontinuitas (kesinambungan). Tanpa adanya waktu, kejadian-kejadian tersebut tidak dapat dikaitkan dan tidak mungkin ada sejarah.
-          Karena menurut dimensi waktu, suatu peristiwa merupakan suatu proses yang artinya peristiwa tersebut mengalami perubahan sejalan dengan waktu. Tanpa adanya waktu yang menghubungkan kejadian-kejadian tersebut, kejadian-kejadian itu tidak mungkin disebut kejadian sejarah.
4.     Apa yang dimaksud dengan periodisasi?
Periodisasi adalah salah satu proses strukturisasi waktu dalam sejarah dengan pembagian atas beberapa babak zaman periodisasi.
5.      Berikan 3 pendapatmu tentang mengapa belajar sejarah itu penting?
-          Karena sejarah membuat kita mengetahui kehidupan manusia pada masa lampau.
-          Karena sejarah memberikan ketegasan identitas nasional dan kepribadian suatu bangsa. Sejarah juga mengenalkan kita mengenai perjalanan atau perjuangan sebuah bangsa.
-          Karena sejarah dapat memberikan pelajaran yang baik, memberikan kesadaran waktu, menjadi sumber inspirasi, dan sarana rekreatif bagi masyarakat.
6.      Jelaskan corak kehidupan sosial ekonomis pada masyarakat mesolithikum, neolithikum, perundagian!
-          Pada zaman mesolithikum, kehidupan sosial ditandai dengan berburu dan mengumpulkan makanan. Sebagian besar dari mereka bertempat tinggal menetap di gua-gua. Pada zaman ini, masyarakat belum mengenal sistem barter.
-          Pada zaman neolithikum, para penduduk mulai menghasilkan makanan sendiri atau dikenal dengan food producing. Pada zaman ini, kehidupan ekonomi ditandai dengan munculnya barter atau sistem pertukaran barang sesuai dengan kebutuhan.
-          Pada masa perundagian, kehidupan sosial dikenali dari manusianya yang hidup di desa-desa sekitar pegunungan, dataran rendah, dan tepi pantai.  Pada zaman ini kehidupan ekonomi ditandai dengan barter yaitu kegiatan tukar-menukar barang yang terjadi tanpa perantaraan uang.
7.      Apa saja bukti-bukti yang menunjukan bahwa masyarakat praaksara telah mengenal kepercayaan?
-          Adanya menhir
o   Tiang atau tugu yang terbuat dari batu yang didirikan sebagai tanda peringatan dan melambangkan arwah nenek moyang sehingga menjadi benda pujaan.
-          Adanya dolmen
o   Meja batu yang berkakikan menhir.
o   Berfungsi sebagai tempat sesajen dan pemujaan kepada nenek moyang.
-          Ditemukannya arca atau patung
o   Bangunan yang terbuat dari batu yang berbentuk binatang atau manusia yang melambangkan nenek moyang dan menjadi pujaan.
-          Adanya punden berundak
o   Bangunan megalithikum berupa susunan batu bertingkat sebagai tempat pemujaan terhadap nenek moyang.
-          Ditemukannya lukisan telapak tangan di dinding gua (Gua Leang Patta, Sulawesi Selatan) sebagai penolak roh jahat.
-          Adanya nekara
o   Benda yang terbuat dari perunggu berbentuk seperti dandang yang tertelungkup atau semacam kerumbung yang berpinggang pada bagian tengahnya dan bagian atasnya tertutup.
o   Digunakan untuk upacara ritual.
-          Ditemukannya tiang totem
o   Batu atau kayu yang sangat besar dengan ukiran kepala binatang sebagai peninggalan kepercayaan Totemisme.


No comments:

Post a Comment